.

Jangan Ragu Makan Oatmeal! Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

makanan sehat

Jangan Ragu Makan Oatmeal! Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Hayo, absen! Siapa yang tidak suka santap oatmeal sehari-hari? Pastinya banyak, sebab harus diakui, walaupun familiar menyehatkan, oatmeal tidak mempunyai rasa yang nikmat. Kalau anda salah satu di antaranya, lebih baik anda mulai biasakan diri santap oatmeal dari sekarang, lho! Mengapa? Bagi menjawabnya, mending anda simak tulisan satu ini hingga habis!

Menurut situs https://828bet.net/ oatmeal alias haver, adalahmakanan yang tercipta dari gandum dan digadang-gadang memiliki tidak sedikit manfaat guna kesehatan. Bahkansemua pakar kesehatan pun berasumsi bahwa mengonsumsi oatmeal di pagi hari berkhasiat guna menyehatkan jantung.

makanan sehat

makanan sehat

Meskipun begitu, tidak sedikit yang masih menampik mengonsumsi oatmeal lantaran rasanya yang hambar dan tidak cukup lezat. Memang sih, oatmeal kadang-kadang buat kita yang santap merasa agak eneg. Apalagi bila kita termasuk peminat makanan manis dan pedas, oatmeal tentunya jadiopsi sarapan terakhir. Duh, sayang sekali! Padahal, dalam satu porsi oatmeal terdapat tidak sedikit kebaikan, lho! Kandungannya kaya bakal vitamin dan mineral yang sangat berfungsi untuk tubuh.

Tidak percaya? Ini dia keterangan lengkapnya!

  1. Berat badanmu akan tidak jarang kali terjaga dalam batas ideal, lho!

Tahukah Anda, bahwa andai dikonsumsi secara teratur, oatmeal berkhasiat untuk mengawal berat badan supaya tetap stabil? Hal ini disebabkan kandungan serat dalam oatmeal dapat menambah viskositas (pengentalan) isi perut Anda. Hasilnya, tubuh yang memerlukan waktu lebih lama untukmemahami oatmeal bakal mengirim sinyal kenyang yang lebih lama. Nah,bila perut merasa kenyang dalam masa-masa lama, dengan kata lain kamu tidak bakal merasa perlu tidak jarang makan. Dengan suasana seperti ini, kamu pun secara otomatis akan meminimalisir frekuensi ngemil yang biasanya. Jika ini terus terjadi, niscaya berat badanmu bakal tetap terjaga pada angka yang ideal. Mau, kan?

  1. Makanan sehat untuk para penderita desakan darah tinggi

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal ternyata tidak melulu baikuntuk kesehatan jantung, namun pun terbukti dapat menurunkan resikodesakan darah tinggi. Karenanya, konsumsi oatmeal secara teratur paling dianjurkan untuk wanita yang telah merasakan menopause karena mereka berisiko tinggi merasakan hipertensi. Jadi, tidak boleh ragu guna menjadikan oatmeal menu sarapan kamu, kapanpun dan di mana juga ya!

  1. Menyerang kolesterol jahat dalam tubuh dan meminimalisir risiko sakit jantung

Penasaran mengapa oatmeal diandalkan  dapat meminimalisir resikoterpapar penyakit jantung? Salah satunya ialah karena kandungan antioksidannya yang lumayan tinggi. Apa sih antioksidan itu? Pada faktanya, antioksidan adalahmolekul yang dapat memperlambat ataumenangkal proses oksidasi molekul lain. Meskipun seringkali antioksidandisebutkan hanya ada pada sayur dan buah saja, tetapi nyatanya senyawa ini pun ada pada oatmeal. Nah, di antara kandungan antioksidan di dalam oatmeal, yakni Avenanthramide, dapat melawan radikal bebas yang menyerang kolesterol baik (HDL) sekaligus mengayomi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi. Sehingga jantungmu bakal terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular. Hebat, bukan?

makanan sehat

makanan sehat

  1. Mencegah penyusutan arteri pada tubuh.

Tahukah anda apa tersebut Ateroskleorosis? Istilah ini merujuk padasituasi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong pembuluh darah yang lantas menyebabkan lorong arteri menyempit. Jika lorong arteri menyempit, maka jumlah darah yang mengalir bakal tersumbat dan berkurang secara drastis. Apabila urusan ini terjadi, maka sel-sel di dalam tubuh tidak bakal dapat menerima asupan oksigen yang mereka butuhkan. Gawatnya,andai hal ini terjadi, sel tubuh bakal melemah dan risiko anda untukterpapar penyakit jantung pun akan meningkat. Wah, angker sekali ya akibatnya!

Nah, kandungan avenanthramide, si antioksidan dalam oatmeal, ternyata pun mempunyai peran yang efektif untuk menangkal terjadinya ateroskleorosis,sebab senyawa ini terbukti dapat menekan buatan molekul sampai-sampai pengerasan dinding arteri pun bisa dicegah.

  1. Mencegah komplikasi diabetes

Kamu atau anggota family menderita diabetes? Maka, oatmeal dapat menjadi menu makan harian yang ideal. Alasannya tidak lain sebab kandungan magnesium di dalamnya dapat mengatur insulin dan mengawal kadar glukosa darah supaya tetap ideal seingga risiko munculnya komplikasi diabetes pun bisa dicegah. Hebat, bukan?

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di samping avenanthramide, oatmeal pun berisi sejumlah jenis serat lainnya. Salah satunya ialah serat beta-gluten. Nah, jenis serat yang ini bertugas untuk menambah sistem imun. Bagaimana caranya? Dengan kekuatannya, serat beta-gluten akan dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas yang seringkali menyerang HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. Di samping itu, senyawa ini pun melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi, yangmeminimalisir risiko penyakit kardiovaskular. Dengan berjayanya kolesterol baik dan terusirnya kolesterol jahat, pasti kamu pun akan semakin sehat. Yay!

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Nah, kebajikan oatmeal yang satu ini pastinya sesuai deh buat anda yangtidak jarang susah BAB atau sering merasakan sakit maag. Kenapa? Karena kandungan serat di dalam oatmeal ternyata pun telah terbukti bisa memperlancar sistem metabolisme dan pencernaan tubuh kamu. Artinya, andai rutin mengonsumsi oatmeal, anda dapat terbebas dari masalah konstipasi (sembelit) dan perut kembung. Tuntas deh, masalahmu.

  1. Menolong keroposnya tulang

Jarang yang tahu bahwa di dalam oatmeal pun terkandung jumlah kalsium yang lumayan tinggi, yakni 105 mg dalam masing-masing porsinya. Mantap, kan? Di samping itu, oatmeal pun dapat mengasupi tubuh anda dengansebanyak komponen mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Karena itulah, mengonsumsi oatmeal masing-masing hari bisa membantu anda mencukupi keperluan tulang sekaligus menangkal terjadinya keropos tulang atau osteoporosis. Wah, tambah satu dalil lagi nih buat santap oatmeal!

Nah, untuk kamu yang masih ragu guna mengonsumsi oatmeal sebab kehambarannya, usahakanlah mencampur oatmeal dengan susu atau gula merah. Kamu dapat pula menambahkan beberapatopping lainnya supaya racikan oatmeal terasa lebih lezat dan tidak membosankan. Di samping itu, Andapun dapat mengupayakan menambahkan buah-buahan laksana pisang dan stroberi untuk meningkatkan rasa. Mudah, bukan? Apalagi kini ini telah diproduksi pula oatmeal dalam format biskuit yang pun dikemas secara menarik. Makanya, mari jaga kesehatan dengan konsumsi oatmeal mulai dari sekarang!

 


Leave a Reply